Snippet

BAHAYA PERKAWINAN SILANG PADA HAMSTER

Sekarang ini banyak yang mencoba mengawin-silangkan hamster Campbell dan Winter White. Tujuan tindakan ini tentu saja beraneka ragam, mulai dari untuk mendapatkan jenis baru sampai keterbatasan jumlah jenis hamster tertentu. Tapi di negara2 lain tindakan ini amat tidak dianjurkan dengan berbagai alasan.
Campbell dan Winter white mungkin terlihat serupa dan memang mereka bersaudara tapi mereka mempunya susunan genetik yang berbeda. Mereka sama2 berasal dari Rusia tapi di bagian yang berbeda dan di alam liarnya mereka pun mengkonsumsi makanan yang berbeda. Di alam liar juga Campbell dan Winter white tidak melakukan kawin silang. Mereka hanya kawin dengan jenis mereka sendiri.Jika Anda mempunyai pasangan kawin silang ini sebaiknya segera dihentikan. Mungkin Anda harus menaruh mereka dalam kandang yang berbeda. 

Kawin silang ini dapat membahayakan baik hamster Anda atau anak-anak yang dihasilkan. Biasanya anak-anak hamster hasil perkawinan silang ini mudah terserang penyakit, mudah obesitas (kegemukan yang berlebihan), mandul, dan dapat menderita diabetes, kegagalan ginjal, glukoma, kanker, kurangnya anggota tubuh.Selain itu yang patut diperhatikan adalah bentuk tubuh dari kedua jenis hamster ini berbeda. Mungkin bagi para pemula sulit untuk membedakannya, tapi pada kenyataannya kedua hamster ini memiliki bentuk fisik yang berbeda. Jika Anda melakukan kawin silang maka masalah ini menjadi masalah besar dalam proses melahirkan, terutama jika yang menjadi ibu adalah winter white. Campbell sendiri memiliki struktur tubuh yang lebih besar dengan bentuk kepala yang lebih besar dibanding winter white, jadi pada waktu proses melahirkan biasanya anak-anak hamster akan terhambat di dalam dan tidak bisa keluar sehingga mengakibatkan kematian pada ibu hamster dan anak-anak hamster itu sendiri.Tapi jika Anda berkeras untuk mengawin-silangkan kedua jenis ini (mengakalinya dengan memakai Campbell sebagai betinanya dan winter white sebagai jantan) maka Anda tidak boleh melupakan penyakit2 atau gangguan2 yang akan diderita oleh anak-anak hamster yang dihasilkan. Yang paling umum adalah diabetes pada Campbell dan Glukoma pada Winter white.Jadi mengawin-silangkan hamster adalah sebuah tindakan yang sangat tidak ?ber-perikebinatang-an? sehingga sangat tidak dianjurkan.Catatan : Bukan hanya untuk kedua jenis ini tapi untuk semua jenis hamster, kawin silang sangat tidak dianjurkan. Roborovski mempunyai jumlah kromosom yang berbeda dengan hamster-hamster jenis lain jadi jika Anda berharap mendapatkan campuran Roborovski dengan hamster lain, hal ini sia2?Catatan ini dikutip dari artikel yang ditulis oleh Melissa Chamberlain, seorang juri professional pada kontes hamster internasional.


Sumber :http://merawathamster1.blogspot.com/2012/07/kawin-silang-hamster-apakah-berbahaya.html